Skip to main content

Featured

GARIS IMAJINER: SEJAUH MANA KITA PERLU BATASAN

Kita manusia, tidak bisa lepas dari peran kita sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, baik dalam kehidupan keluarga maupun masyarakat luas. Terlepas dari peran apa pun yang kita mainkan dalam hidup ini, sangat penting bagi kita untuk menentukan batasan dalam berhubungan dengan orang lain, bahkan termasuk dengan keluarga dan sanak saudara sendiri.   Garis imajiner yang bernama batasan itu, walaupun tidak kasat mata, memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk identitas, memfasilitasi pertumbuhan, dan menciptakan keseimbangan dalam kehidupan kita.   Batasan membantu kita memahami siapa diri kita sebagai individu. Garis tersebut menandai perbedaan antara apa yang kita anggap sebagai bagian dari diri kita dan apa yang bukan. Misalnya, batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi membantu kita mempertahankan keseimbangan yang sehat antara karier dan kebutuhan pribadi kita.   Tanpa batasan yang jelas, mudah bagi identitas kita untuk kabur. Ini dapat mengarah pada k

Newton's cradle five-ball pendulum (office toy - I)

It just arrived safely this very morning, my Newton's cradle, which I bought like a month ago on eBay. It had been a while I wanted to have it on my desk. So one day, I browsed to see if there was any online shop selling the stuff. And there were a lot! 

I stumbled upon a very good offer on eBay for a small design of Newton's cradle five-ball pendulum, and it was free shipping. So, within a minute the colliding balls, which was named after the English physicist Sir Isaac Newton, was already on my shopping chart. 

I always wonder how this simple design, five small balls suspended by thin threads attached to two horizontal bars, works. I keep pulling one or two or three balls then release them and watch them rock back and forth. 

Comments

Popular Posts