Skip to main content

Featured

What Do We Live for?

What do we live for? I asked.  We may count the days from the day we were born to the day we take our last breath.  Some would carry the world upon their shoulder only to make sure others can take their breath.  So what do we live for? I asked. 

An Amazing Season Called MUDIK


It happens only once a year.

Buat sebagian (besar) orang, lebaran tidak lepas dari mudik. Lebaran tanpa mudik seperti tidak sah, tidak lengkap maknanya. Apa yang membuat mudik begitu menarik, begitu fenomenal setiap tahunnya? Ratusan ribu, bahkan jutaan orang pulang ke kampungnya masing-masing, untuk sementara meninggalkan kota tempat mereka hidup dan mencari nafkah sepanjang tahun. 

Tidak hanya pemudik yang mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan pulang kampung tersebut, pemerintah pun berbenah diri menyiapkan segala infrastruktur, fasilitas pendukung dan petugas yang membantu agar musim mudik berjalan dengan baik. 

Dari sudut pandang saya, mudik menjadi momen yang sangat istimewa karena beberapa alasan:

Kumpul keluarga

Mudik saatnya kumpul bareng keluarga. Setelah 11 bulan tidak bertemu, menahan rindu, mudik membawa setiap anggota keluarga untuk pulang dan berkumpul bersama keluarga. Mudik saatnya berbagi cerita dan rezeki yang mereka kumpulkan selama ini. Tidak ada momen yang lebih menggembirakan selain berkumpul dengan keluarga yang telah lama tidak bersua.  

Kembali ke asal

Mudik membawa kita ke tempat asal, ke akar kita, tempat di mana setiap orang memulai perjalanan hidupnya. Kembali ke asal mengingatkan kita akan jati diri dan sejarah yang telah terlewati. Dengan mudik, kita tidak melupakan akar kita, sejauh manapun sudah melangkah, sebanyak apapun negeri yang sudah disinggahi. 

Liburan

Mudik tidak melulu soal kumpul keluarga. Mudik bisa jadi merupakan liburan dan jeda dari rutinitas harian. Momen liburan dan kumpul keluarga ini merupakan waktu yang tepat untuk mengisi ulang baterai kita, menyegarkan pikiran, sehingga siap berjuang kembali setelahnya. 

Perjalanan

Bukan hanya kumpul keluarga di kampung yang membuat mudik begitu menggoda. Untuk sebagian orang, saya misalnya, yang paling menarik dan membuat greget mudik justru perjalanan menuju kampung halamannya. Walaupun perjalanan pulang kampung pada musim mudik bisa jauh lebih lama dan memerlukan kesabaran ekstra dibanding waktu biasanya. Melakukan perjalanan dengan membawa kegembiraan kembali ke asal, akan menciptakan kebahagiaan tersendiri.  

Istirahat

Mudik waktunya istirahat. Istirahat dari deadlines, istirahat dari kemacetan, istirahat dari berjubelnya kereta. Mudik waktunya mengistirahatkan pikiran.

Itulah yang membuat mudik the most amazing season of the year


#Ditulis ketika gerhana matahari total menyapa beberapa wilayah Indonesia dan mudik hanyalah wishlist.


Comments

Popular Posts