Skip to main content

Featured

GARIS IMAJINER: SEJAUH MANA KITA PERLU BATASAN

Kita manusia, tidak bisa lepas dari peran kita sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, baik dalam kehidupan keluarga maupun masyarakat luas. Terlepas dari peran apa pun yang kita mainkan dalam hidup ini, sangat penting bagi kita untuk menentukan batasan dalam berhubungan dengan orang lain, bahkan termasuk dengan keluarga dan sanak saudara sendiri.   Garis imajiner yang bernama batasan itu, walaupun tidak kasat mata, memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk identitas, memfasilitasi pertumbuhan, dan menciptakan keseimbangan dalam kehidupan kita.   Batasan membantu kita memahami siapa diri kita sebagai individu. Garis tersebut menandai perbedaan antara apa yang kita anggap sebagai bagian dari diri kita dan apa yang bukan. Misalnya, batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi membantu kita mempertahankan keseimbangan yang sehat antara karier dan kebutuhan pribadi kita.   Tanpa batasan yang jelas, mudah bagi identitas kita untuk kabur. Ini dapat mengarah pada k

sendiri

Kadang manusia butuh waktu untuk sendiri, menghindar dari lingkungan sekitar bahkan menjauh dari orang-orang yang disayang. Saya pribadi, menikmati sekali saat saya menghabiskan waktu sendiri, tanpa siapa-siapa, melakukan hal-hal yang saya sukai sendiri, nonton film sendiri, makan sendiri, window shopping sendiri, keliling-keliling kota (Bogor favorit saya) sendiri, atau bahkan hanya berdiam diri sendiri didalam kamar saya. Dengan kesendirian itu, saya betul-betul merasa memberikan perhatian penuh pada diri saya. Bisa dibilang saya sangat menikmati saat-saat seperti itu.

Saya rasa, tidak apa-apa kita memanjakan diri sendiri dalam kesendirian. It’s not selfish to be alone, I suppose.

Comments

zuki said…
menulis di blog juga seperti 'membenamkan' diri pada sebidang tanah di belantara internet, sendirian, tenggelam di dalamnya.

selamat menikmati kesendirian ... :)
zuki said…
apa kabar, tetap semangat! :)
zuki said…
apa kabar? :)

Popular Posts