Skip to main content

Featured

GARIS IMAJINER: SEJAUH MANA KITA PERLU BATASAN

Kita manusia, tidak bisa lepas dari peran kita sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, baik dalam kehidupan keluarga maupun masyarakat luas. Terlepas dari peran apa pun yang kita mainkan dalam hidup ini, sangat penting bagi kita untuk menentukan batasan dalam berhubungan dengan orang lain, bahkan termasuk dengan keluarga dan sanak saudara sendiri.   Garis imajiner yang bernama batasan itu, walaupun tidak kasat mata, memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk identitas, memfasilitasi pertumbuhan, dan menciptakan keseimbangan dalam kehidupan kita.   Batasan membantu kita memahami siapa diri kita sebagai individu. Garis tersebut menandai perbedaan antara apa yang kita anggap sebagai bagian dari diri kita dan apa yang bukan. Misalnya, batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi membantu kita mempertahankan keseimbangan yang sehat antara karier dan kebutuhan pribadi kita.   Tanpa batasan yang jelas, mudah bagi identitas kita untuk kabur. Ini dapat mengarah pada k

Bubye Friendster

Sampe sekarang saya masih punya account di beberapa jejaring pertemanan dunia maya, seperti friendster dan hi5 (masih ada yang lain tapi lupa hihi..). Alasan saya waktu buka account-account itu sebenernya si buat seru-seruan aja, biar tetep eksis *hueks*, dan gaul, kan katanya lebih baik mati daripada gak gaul *hallaaah*. Terus juga buat cari temen, siapa tau ketemu temen yang klik *ussy*.

Awalnya si masih rajin buka-buka account itu, nambah-nambah temen, liat-liat page orang lain, kasih-kasih komen dan segala macem gitu deh. Tapi semakin lama semakin jarang, jaraaang dan jaraaaaaang banget. Sampe akhirnya kemarin, setelah melalui proses pemikiran yang panjang dan mendalam, saya putuskan untuk menghapus account saya di friendster dan Hi5. Lho kok!? Emang gak perlu gaul lagi? Emang gak perlu temen lagi? Emang udah merasa eksis? Yaa bukan gitu sii, cuma dari pada saya punya account tapi hampir gak pernah saya tengokin, mending saya hapus aja. Lagian saya kan masih punya account di MP yang cukup mewadahi saya di dunia maya ini, selain bisa jadi tempat saya teriak-teriak kalo marah atau ketawa-ketawa kalo seneng, dan nangis bombay kalo lagi sedih atau sekedar mengutarakan pemikiran saya yang penting gak penting, saya juga masih bisa membangun jejaring pertemanan di sini.

Comments

Popular Posts