Skip to main content

Featured

GARIS IMAJINER: SEJAUH MANA KITA PERLU BATASAN

Kita manusia, tidak bisa lepas dari peran kita sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, baik dalam kehidupan keluarga maupun masyarakat luas. Terlepas dari peran apa pun yang kita mainkan dalam hidup ini, sangat penting bagi kita untuk menentukan batasan dalam berhubungan dengan orang lain, bahkan termasuk dengan keluarga dan sanak saudara sendiri.   Garis imajiner yang bernama batasan itu, walaupun tidak kasat mata, memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk identitas, memfasilitasi pertumbuhan, dan menciptakan keseimbangan dalam kehidupan kita.   Batasan membantu kita memahami siapa diri kita sebagai individu. Garis tersebut menandai perbedaan antara apa yang kita anggap sebagai bagian dari diri kita dan apa yang bukan. Misalnya, batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi membantu kita mempertahankan keseimbangan yang sehat antara karier dan kebutuhan pribadi kita.   Tanpa batasan yang jelas, mudah bagi identitas kita untuk kabur. Ini dapat mengarah pada k

Maka berikanlah maaf..

Saya percaya, baik dan buruk dalam diri manusia tak ubahnya seperti dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Begitu pula dengan diri Pak Harto, banyak yang menghujat tapi saya percaya beliau punya sisi baik yang semestinya tidak boleh kita lupakan. Biar bagaimanapun juga, beliau sudah mempunyai andil yang demikian banyak dalam membesarkan Negara ini dan membawa kita sampai pada tahap sekarang walaupun masih jauh dari harapan kita pastinya. Jadi tidak ada salahnya kalau kita berbesar jiwa dan memberikan maaf untuk beliau yang sudah kembali kepada sang Pemilik.

Note: Saya tidak pernah membenci Pak Harto. Satu-satunya kekesalan saya sama beliau adalah ketika dulu pada saat TVRI masih jadi satu-satunya stasiun tv yang tayang di sini (it truly revealed my age, right!? :D), acara yang saya tunggu-tunggu harus terlambat atau bahkan tidak tayang sama sekali lantaran si stasiun tv ini menayangkan laporan khusus yang meliput kegiatan Pak Harto. Tapi perasaan kesal itu sudah hilang kok sejak lama J.

Comments

Popular Posts